Ulasan 1 - Blockchain Technology

Sudah tidak diragukan lagi, Bitcoin adalah hal yang kerap diperbincangkan oleh pegiat IT dan pelaku bisnis belakangan ini. Namun, dibalik kepopuleranya, terdapat teknologi yang menyokong Bitcoin itu sendiri. Teknologi itu adalah Blockchain. Teknologi ini dianggap dapat mengubah banyak hal di dunia. Namun sebenarnya, apa itu blockchain? Bagaimana cara kerjanya? Jawabannya dapat ditemui dari video menarik yang berjudul "How does a blockchain work - Simply Explained". Video yang baru saja diunggah oleh Savjee pada 13 November 2017 ini berdurasi 05:59 menit. Anda dapat melihatnya di link berikut: https://youtu.be/SSo_EIwHSd4.

Seperti namanya, Blockchain adalah kumpulan block yang saling terkoneksi, yang mana setiap block-nya memiliki data, kode hash, dan kode hash block sebelumnya. Data dalam blockchain tergantung dari jenis block itu sendiri, contohnya pada Bitcoin, data berupa pengirim, penerima, dan jumlah bitcoin yang ditransaksikan yang mana data ini kemudian dijadikan kode hash yang merupakan ID dari block itu sendiri. Kemudian block tersebut akan merujuk ke block lain yang sudah ada sebelumnya seperti halnya proses notulensi transaksi di sebuah 'buku besar' (ledger) yang dilakukan oleh Bank.

Namun perbedaannya, tidak hanya dimiliki oleh satu orang saja (Centralized Ledger), blockchain justru menggunakan konsep Distributed Ledger yang mana setiap orang berhak untuk bergabung 'memiliki' blockchain. Inilah keunggulan blockchain, ketika seseorang berniat mengubah/merusak/meggelapkan sebuah block maka ia harus mengubah seluruh block yang ada di komputer pengguna blockchain yang mana ini hampir mustahil. Konsep distribusi inilah yang membuat blockchain sangat dapat diandalkan dalam urusan keamanan data.

Menurut saya, dengan mengetahui adanya teknologi ini, kita dapat melihat bagaimana teknologi ini akan sangat membantu dalam pemecahan berbagai masalah yang ada. Dua konsep yang diasungnya (distributed ledger & cryptographic hash) sangat dibutuhkan di dunia yang butuh transparasi ini. Bahkan, kita dapat melawan korupsi  -yang merupakan salah satu masalah terbesar di Indonesia- dengan teknologi blockchain!

GITHUB Account: rehanhwr
URL Ulasan: https://os-rehanhawari.blogspot.com/2017/12/ulasan-1-blockchain-technology.html
URL Konten: https://youtu.be/SSo_EIwHSd4
Durasi : 05:59
Video Author: Savjee
Pemetaan Konten: week10
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 2 Desember 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-2

RANKING05 ULASAN PESERTA OS 2017-2

Ulasan 2 - Introduction to Semaphore